Jauhi Analysis Paralysis

Assalamualaikum readers :D

Kali ini gw mau bahas tentang bahaya-nya analysis paralysis... ada yang pernah denger ga sih sebelumnya maksud analysis paralysis itu apa?

Jadi, Analysis Paralysis itu terjadi saat kita memikirkan sesuatu secara berulang-ulang, terus menerus, tapi kita tidak menemukan solusi dan tidak menghasilkan apapun. Kita hanya membuang-buang tenaga & waktu kita.

Kenapa kondisi ini berbahaya?
Ya, karena justru biasanya masalah yang kita hadapi akan bertambah rumit. sehingga kita hanya akan stress dan depresi tanpa menemukan solusi atau keputusan yang perlu kita ambil.

Kalian pernah ga kenal atau bahkan punya temen yang plin-plan? atau kurang tegas gitu?
Nah biasanya orang-orang ini terbiasa memikirkan sesuatu secara berlebihan. memang mungkin kita sendiri suka ga merasakan, tapi tanpa sadar itu membuat kita jadi sulit sekali untuk bersikap tegas.

Jadi kalo ada yang bilang, ga bisa tegas karena ga tegaan, atau karena perlu menganalisa lebih dalam. 
Aduuuh pliiiisss gaess.. sikap ga tegas ga ada sangkut pautnya sama sikap ga tegaan. apalagi alasan perlu menganalisa lebih dalam, mau sedalam apa? atau mungkin otak kalian hanya mampu sampe situ. Jangan dipaksakan yaaa...

Jadi dulu guru SMA gw pernah bilang gini, "Kalo kalian ga mampu atau ga kuat dalam menganalisa sesuatu, jangan pernah masuk filsafat. nanti kalian ke belinger."

Nih gw kasih sebuah cerita kecil :

Suatu saat, seekor lipan (yang kakinya banyak) mengejar seekor laba-laba. Kemudian laba-laba ini berhenti, menoleh sejenak, dan bertanya kepada si lipan, “Saya kagum dengan kamu, Lipan! Bagaimana cara kamu mengkoordinasikan kaki yang banyak itu?”

Lipan itu menjawab, “Saya tidak tahu. Saya tidak pernah memikirkan hal itu sebelumnya.” Segera setelah itu, laba-laba kembali berlari, dan lipan mencoba untuk mengejar, tetapi kali ini ia tidak mampu karena ia tidak bisa membuat kakinya berjalan dengan baik lagi.

Kakinya saling tersangkut karena ia sibuk memikirkan mana yang harus berjalan duluan, yang kiri atau yang kanan.

Inti cerita di atas adalah "Berpikir atau menganalisa berlebihan itu justru merugikan", sesuatu yang berlebihan memang ga baik sih. apapun itu.

Kenapa begitu? karena ya semakin kita menganalisa, semakin kita bingung sendiri. malah timbul pertanyaan-pertanyaan ga penting di otak kita.

Ini pun juga yang dilakukan orang-orang pembisnis. salah satu temen gw yang mendedikasikan idupnya jadi seorang entrepreneur (Hahahah lebai amat bahasa gw yah) pernah bilang, mengambil sebuah keputusan itu penting banget buat dia. dalam waktu singkat dia mesti ambil keputusan. karena kalo ga, dia bisa aja kehilangan peluang emas. Dan tentu-nya kalo kita omongin soal keputusan, kita pun harus siap dengan dampak yang kita dapetin. plus konsekuensinya. siap mengambil resiko dan bertanggung jawab atas hasilnya. 

Dan dari hasil ngulik gw nih, gw menemukan beberapa tips supaya kita jadi kepribadian yang tegas dalam mengambil keputusan.

1. Batasi waktu analisa kalian. Di saat itu cari informasi sebanyak mungkin, untuk bahan analisa kalian.
2. Pikirkan Prioritas. Jadi, sebelum mengambil keputusan, daripada kita mikir yang bertele-tele. coba pisahkan mana yang menjadi kebutuhan prioritas.
3. Cari solusi sebanyak mungkin. Ini nih penting banget. setidaknya kita tau beberapa alternatif
4. Lihat kelebihan dari masing-masing alternatif yang kita punya. 
5. Cari tahu dampak dari setiap keputusan. either itu dampak baik atau buruk ya. Kalau kita cuman lihat dari sisi kelebihan, itu bahaya. bisa jadi dampaknya justru fatal.
6. Jangan egois. well mungkin kita cari untung tapi yaa jangan bocah juga kali, mentingin diri sendiri tanpa peduli orang lain. percaya deh, ga akan ada orang yang seneng sama kalian. Yah paling cuman yang senasib/ yang egoisnya setaraf sama kalian.
7. Hadapi. Jika kalian sudah mengambil keputusan. hadapi setiap konsekuensinya. jangan lari jika kita dalam masalah atas keputusan yang kita buat. Jangan jadi LOSER. kalo salah ya jadikan itu pelajaran.



No comments:

Powered by Blogger.