ENFJ = The Giver, The Teacher, The Protagonist



http://www.16personalities.com/enfj-personality


Kepribadian ENFJ merupakan orang yang gemar bersikap untuk memberikan pengaruh bagi orang lain. Sosok dengan kepribadian ENFJ merupakan orang yang tertarik berinteraksi dengan orang lain dan penuh perhatian. Tidak jarang mereka menjadi sosok yang disukai dan menginspirasi banyak orang di sekitarnya.

Mereka terlahir sebagai seorang pemimpin, populasi orang ENFJ hanya sekitar 2-5% maka sangat jarang menemukan orang dengan kepribadian ENFJ. Mereka sangat ahli dalam mempengaruhi dan meyakinkan orang lain, menggabungkan antara gairah dan juga pikiran yang masuk akal. Mampu menjadikan mereka sebagai salah satu pemimpin yang disegani.

Sosok ENFJ memiliki intuisi yang tajam. Mereka dapat memahami latar belakang seseorang serta mengambil kesimpulan dari beberapa peristiwa dan mengaitkannya satu sama lain. Mereka juga dapat menganalisis perasaan orang lain dengan baik. Tidak heran jika mereka bisa menebak sesuatu dengan benar, perasaan yang dimiliki mereka sangat kuat.

ENFJ fokus pada orang lain, merasa senang ketika orang di sekitar mereka bahagia, dan terganggu ketika ada sesuatu yang salah. Mereka adalah pemandu sorak, sering menyatakan dukungan, syukur, dan dorongan, dan memberikan pujian ke orang yang mereka hargai. Mereka mencatat apa yang sedang dilakukan dan apa yang perlu dilakukan, menawarkan bantuan mereka di mana pun diperlukan. ENFJ adalah orang yang setia dan mereka mengharapkan loyalitas.

Sayangnya, ENFJ juga memiliki keburukan yang mereka sendiri tidak sadari :
1. Pada umumnya peduli pada apa kata orang atau apa yang orang lain inginkan dan cenderung melakukan sesuatu dengan memperhatikan perasaan orang lain. Karena itu mereka sering mengorbankan diri hanya untuk menyenangkan orang lain.
2. Senang mengukur harga diri Anda dari perlakuan orang lain. Jangan mudah kecewa jika mereka tidak seperti yang Anda inginkan.
3. Kurang bisa Menghadapi kritik dan konflik.
4. Sulit untuk tegas jika itu akan menyakiti orang lain.
5. Tidak bisa keras terhadap orang lain, efeknya dia akan bersikap keras kepada dirinya sendiri
6. Mereka terlalu percaya pada orang lain, lebih dari sebagaimana seharusnya mereka mempercayai orang lain. Sehingga mereka mudah sakit hati.
7. Too Selfless – Mereka bisa bersabar terhadap orang lain, tapi tidak untuk dirinya. Mereka selalu peduli dengan masalah orang lain, dan selalu ingin membantu menyelesaikannya.

Pekerjaan yang cocok untuk kepribadian ENFJ :
1. Konsultan
2. Psikolog
3. Pekerja Sosial/Penasihat
4. Pengajar
5. Bidang Keagamaan
6. Tenaga Penjualan
7. Pengelola SDM
8. Manajer
9. Koordinator Acara
10. Politikus/Diplomat
11. Penulis
12. Fasilitator

Sikap Orang ENFJ Dalam hubungan :
Bahkan dalam tahap pacaran, orang dengan tipe kepribadian ENFJ siap untuk menunjukkan komitmen mereka dengan mengambil waktu dan usaha untuk membangun diri sebagai diandalkan, mitra yang dapat dipercaya.

Kepribadian ENFJ dalam pekerjaan :

1. Taat pada peraturan, kebijakan yang diterapkan dalam perusahaan untuk memperlancar dan mengatur  jalannya pelaksanaan tugas oleh manajemen perusahaan ditaati dan dilaksanakan dengan baik.
2. Tanggung jawab pada perusahaan dan kemauan untuk bekerjasama, hal ini memungkinkan perusahaan dapat mencapai tujuan yang tidak mungkin dicapai oleh orang-orang secara individual.
3. Lebih menikmati kegiatan kelompok, serius untuk mengambil komitmen anggotanya, memberikan semangat kepada rekan kerjanya.


Silahkan baca juga : Yuk! Cek 16 Kepribadian MBTI

4 comments:

Silent song said...

Halo kak, saya INFP cewek, saya jarang,menemui seseorang berkepribadian enfj.,Salam kenal kak😊,balas email saya,dindashinju@gmail.com mkasih kak😊

Khairu Ncha said...

Hi Shinjuuu~ salam kenal yaaaa :)

Ohh INFP ya, saya banyak kenal dengan orang-orang INFP, yang dikenal sebagai idealis.
Heheheh...

Terima kasih sudah datang.

Dwiyasti said...

Ternyata kepribadian ENFJ termasuk jarang ya, soalnya saya seorang ENFJ juga. Entah kenapa menurut saya sekarang dominan introvert dibanding extrovert. Terima kasih infonya dan btw, salam kenal ^^

Khairu Ncha said...

Halooo Dwiiii.. salam kenal :)

Iyaaah jarang bgt heheheh, mungkin kamu lg masanya pengen introvert aja kali, karena emang setiap orang punya sisi introvert sama extrovertnya kan. heheheh

Makasih yah udah dtg

Powered by Blogger.