Berpikir Sebelum Posting Di Social Media

Assalamualaykum, kali ini aku rasanya pengen posting sesuatu yang emang udah lama banget aku pengen sharing.
Postingan ini ga ada maksud julid ataupun menyindir siapapun ya, ini juga jadi pengingat buat aku pribadi. 

Ini perihal postingan di sosmed, entah itu dari circle aku,  atau dari explore, aku merasa sedikit sedih sih liat beberapa postingan temen-temen yang kadang justru bikin temen aku yang lainnya jadi baper.

Semisal ini contoh yaa,  
Postingan si A, "Anakku si gendut, pinter bgt sih makannya, pinter ngomongnya, pinter ngitungnya, Alhamdulillah selama ini ga pernah ngerasain yang namanya GTM, sehat terus anakku #MasyaAllah"

Walopun diakhiri dengan pujian indah buat Allah tapi coba kita liat efek samping yang temen aku lainnya rasain. Miriiis...
"Nca anakku gamau makan lg, ya Allah bingung mau kasih makan apa lagi,  ada saran ga nca?"

Contoh lainnya yaa, 
Postingan si B, "Alhamdulillah dpt handphone boba dr suami tercinta, kmren baru dpt berlian, next apa nih ayah @suamitercintaantipelakor??"

Sedangkan mungkin yaa diluar sana ada yang lagi berjuang pertahanin rumahtangga mereka, ada suami mungkin yang jangankan mau kasih hadiah buat istrinya, kasih makan aja udah berjuang banget. Tapi coba apa yang bakal dipikirin wanita lainnya? Coba pikir sendiri ya... 

Atau postingan sekedar pujian online, "istriku hebat, masak sndiri, urus anak sndiri,  isi galon sndiri, bnrin genteng pun sndiri. Beruntungnya dpt istri model km sayang @istriataukuli 😍"

Pernah ga kita berpikir apa yang mungkin suami lain pikirin, bisa aja itu ngerubah mindset dia, ohh jd istri idaman tuh bgtu, atau apalah, yang membuat dia jd kurang bersyukur. 

Aku justru lebih seneng liat postingan orang jalan-jalan, makan, share pekerjaan,  ilmu, review atau jualan. Setidaknya hal itu bisa kita dapetin kalo emang kita mau usaha, bikin kita semangat dan kasih kita info lah setidaknya. Ketimbang posting sesuatu yang bahkan kita dapat itu langsung dari campur tangan Allah (semuanya tentu campur tangan Allah ya)

Tapi coba pikir perkara anak? Mau kita usaha sekeras apapun kalo blm ditakdirkan buat punya anak, mau dikata apa? 
Jodoh? Mau seberusaha apapun kalo Allah belum ketemuin jodoh kita, mau bagaimana? 
Pasangan? Walopun cerminan diri, tp kalo dpt yang bukan sesuai expektasi kita, harus apa? 

Ini maksud inti postingan aku. Anak, jodoh, pasangan, itu semua dari Allah, ga ada patutnya kita banggain sampe bikin orang sekitar kita jadi kurang bersyukur. 

Mungkin bagi sebagian hati kecil kalian bilang, itumah iri aja kali, baper, kan bs pilih-pilih apa yang kita liat di sosmed. 

Bener... Bener banget, tapi coba balik tanya ke diri kita, bisa kan kita post sesuatu yang InsyaAllah tidak berefek buruk untuk yang lain?

Tidak masalah berbagi momen bareng keluarga,  suami atau anak, akupun kadang post sekitar itu, jadi aku pribadi tidak mempermasalahkan itu. 

Meskipun kita ga akan pernah bisa  menyenangkan hati semua orang, tapi bisa kan kita berpikir sebelum memposting di social media? 

Aku rasa itu jauh lebih baik, dan InsyaAllah sedikit melembutkan hati kita.

Terakhir,  aku mohon maaf ya kalau ada kata-kata yang menyinggung kalian. 💕

No comments:

Powered by Blogger.