Ini Dia 7 Jenis Cinta Yang Mungkin Kamu Pernah Alami!



Psychologist Robert Sternberg mengatakan bahwa cinta sebaiknya memiliki 3 unsur yaitu, keintiman, gairah dan komitmen. Dengan begitu sebuah cinta dapat berlangsung dengan lama. Dan dengan 3 unsur ini kita juga bisa melihat ada 7 jenis cinta yang berbeda, yang mungkin kita semua pernah alamin.

Keintiman sendiri termasuk dari sifat kepercayaan, kehangatan dan kedekatan, sedangkan gairah yaa termasuk dari perasaan nafsu, perasaan untuk saling memiliki. Dan yang terakhir komitmen yang merupakan unsur paling penting dari setiap hubungan, sayangnya tidak semua jenis cinta memiliki unsur ini.

Nah 3 unsur tersebut juga mempengaruhi pada 7 jenis cinta yang ada, emang apa aja sih ca??
Langsung dibahas aja ya kakaaa...

1. Pertemanan - Memiliki unsur kehangatan dan kedekatan tanpa adanya gairah dan komitmen. Yaaah taulah, kalo ama temen mah boams tapi kalo dibilang deket ya deket, ya ga?

2. Love at the first sight - Biasanya ini hanya melibatkan unsur 'Gairah', tapi belum tentu akan berlangsung lama, jadi belum tentu memiliki unsur keintiman dan komitmen.

3. Cinta kosong - Memiliki unsur komitmen, tapi hubungan yang mereka jalani tanpa keintiman dan gairah. Ada emang ca yang begini?? ADA! gw punya beberapa kenalan yang kejebak sama jenis cinta ini, jadi mereka cuman dijodohin gitu. Tapi ga menutup kemungkinan unsur yang lainnya akan muncul seiring berjalannya waktu kok.

4. Cinta romantis - Memiliki keintiman dan tentunya gairah, tapi sayangnya orang yang terlibat dalam cinta ini sulit untuk memiliki komitmen. Biasanya ini terjadi pada saat cinta monyet.

5. Cinta persahabatan - Biasalah kalo sama sahabat mah udah pasti punya unsur keintiman dan komitmen kan? namanya sahabat pasti bertahan lama, tapi hubungan ini pastinya tidak memiliki gairah.

6. Fatuous Love - inituh sejenis cinta yang berawal dari nafsu sehingga akhirnya terjadi komitmen sayangnya tidak memiliki sebuah keintiman. Hmm kenyataannya banyak loh yang kaya begini, banyak remaja yang kejerumusan jenis cinta ini, cowonya cuman modal napsu dan cewenya selalu mikir 'ah sayang ah kalo putus, kan udah lama' padahal kerjaannya berantem teruuuus~

7. Cinta yang sempurna - Ini bisa jadi jenis cinta yang eternal, hubungan ini sangat ideal karena sudah melibatkan ketiga unsur yang ada (keintiman, gairah, dan komitmen).

Ga semua pasangan suami istri yang kita lihat masuk ke dalam jenis cinta No. 7

Tapi kalau kalian mencintai seseorang karena Allah, dan perasaan cinta itu timbul setelah menikah. Caya deeeeh~ kalian bakalan ngerasain jenis cinta No. 7!

Dimana rasanya kaya awal baru pacaran tapi kalian sudah memiliki komitmen satu sama lain, Soalnya niat kalian menikah itu karena ibadah, dan mencintai pasangan kita karena Allah

Ketahuilah bahwa perasaan cinta itu Allah yang memberikan, jadi gausah khawatir~

Berbeda kalo kalian pacaran udah setahunan, rasa keintiman dan gairah kalian lebih menurun... karena kalian sudah habiskan masa manisnya saat pacaran.

No comments:

Powered by Blogger.