Tahan emosi... dengan 5 cara ini


"Kenapa diem aja? Bales!"

Suka denger ga sih kata hati kalian ngomong ini setiap kali ada orang yang buat kalian sedih, kesel pokonya ampe ngerusak mood bgt deh…

Iya gw sering, sering bgt denger kata hati gw ngomong gt, tp entah kenapa gw lebih untuk ga peduliin itu, lebih memilih diam.

Tapi pernah ga sih, kalian menuruti kata setan hati itu, untuk ga diem dan melawan? Hayooo ngakuuuu… pasti sering juga kan.

Gw juga, dan akhir-akhir ini gw jadi lebih sering untuk nurutin napsu gw, untuk melawan balik

Entahlah, setan apa yang hinggap di-diri gw ini. Gw jadi sering ngelawan balik, atau mungkin sisi penyabar gw udah mulai abis, atauuu ada hal lain yang menyebabkan diri gw jadi senang ikutin hawa napsu untuk marah? Perasaan kecewa semisal? hmmm mungkin.

Daaan kalo boleh jujur, setiap gw ngelepasin amarah gw, rasanya beban di dada gw terasa ke angkat sedikit gitu, abistu di cuci pake air mata deh, terus masalahnya ilang gitu aja.

Biasanya dulu gw lebih suka diem, atau nangis dalem ati aja, tanpa mau nunjukin sisi buruk gw yang ini. lalu apa masalahnya selesai? Ga juga sih. Malah kadang suka nimbulin bekas. Pendem masalah itu juga ga baik kan kakaks?

Gw sadar kok, menahan emosi itu harus. Ya, Harus! Jadi gw pun mencari tahu cara menahan emosi.. terus dapet deeeeh.. semoga bermanfaat juga buat kalian yang baca.

Pertama.
Membaca Ta’awudz. A’-uudzu billahi minas syaithanir rajiim.

Karena amarah itu datangnya dari setan, jadi mari pertama-tama kita minta perlindungan kepada Allah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Sungguh saya mengetahui ada satu kalimat, jika dibaca oleh orang ini, marahnya akan hilang. Jika dia membaca ta’awudz: A’-uudzu billahi minas syaithanir rajiim, marahnya akan hilang. (HR. Bukhari dan Muslim).

Kedua.
Diam dan jaga lisan.

Jadi takutnya, karena kita marah kita lupa apa yang kita ucapin, yaa sumpah serapah-lah, ngecap orang lain kafir-lah, celaan berlebihan, mengumpat takdir dan bisa saja dicatat oleh Allah. Bahaya kan kaka?
Jadi lebih baik diam. Walopun sakiiiit, semisal lawan kita ngehina kita rasanya kan pengen geplak aja tuh?? Beuhh sabar sabar…


Ketiga.
Mengambil Posisi Lebih Rendah.

Dari Abu Dzar, Rasulullah menasehatkan, 
“Apabila kalian marah, dan dia dalam posisi berdiri, hendaknya dia duduk. Karena dengan itu marahnya bisa hilang. Jika belum juga hilang, hendak dia mengambil posisi tidur.” (HR. Ahmad 21348, Abu Daud 4782 dan perawinya dinilai shahih oleh Syuaib Al-Arnauth).

Keempat.
Berwudhu.

Iyah, biar lebih fresh, kena air, jadi amarahnya bisa reda juga. Semoga.
Sesungguhnya marah itu dari setan, dan setan diciptakan dari api, dan api bisa dipadamkan dengan air. Apabila kalian marah, hendaknya dia berwudhu. (HR. Ahmad 17985 dan Abu Daud 4784).

Kelima.
Komunikasikan. Katakan sejujurnya.

Kalo amarahnya kita udah agak redaan, tapi kita masih nyimpen perasaan ga enak. Atau ada rasa ngeganjel gitu, sob! Coba deh kamu ngomong langsung ke-orangnya, secara baik baik, menjelaskan secara baik-baik, biar ga ada salah paham. Dan ke-depannya jadi ga ada alasan kita atau mereka untuk marah lg. gitchuuu deh.

****************************

Sipp ga?? nah yang sulit sekarang apa? implementasiinnya! HAHAHAHA suka lupa gitu.. tapi yang pasti, yang jadi prinsip gw, penting pakek bgt! gw ga suka umbar amarah di depan orang, dan jangan deh. MALU. itu aib. simpen. catet itu.

Bismillah, semoga gw bisa terapin 5 cara ini saat gw lagi emosian. Aamiin ya Allah.
Powered by Blogger.