Bolehkah membawa Al-Quran Digital ke dalam toilet?

Bolehkah membawa Al-Quran Digital ke dalam toilet? Bagaimana hukumnya?

Hmmm obrolan kali ini berat nih, masih banyak temen gw yang masih bingung, termasuk gw sih. Nah kebetulan kejadiannya ini gw alamin sendiri waktu di kantor.

Jadi waktu itu gw lagi di kantor, karena emang kerjaan gw udah beres, gw menyempatkan diri untuk Ngaji sembari nunggu waktu pulang gitu. tau-tau temen gw dateng, dia mencoba untuk menghentikan gw baca qur'an. tapi gw kasih isyarat tangan untuk minta waktu, beberapa menit kemudian temen gw maksa untuk hentiin gw baca qur'an. karena gw merasa ada hal yang penting yang mau dia sampein, akhirnya gw berhenti sambil kasih tanda di aplikasi Al-Qur'an digital itu.

"ada apaan?
"Lu baca Qur'an ca?"
"Iyah, kenapa emang?"
"Itu hape lu udah pernah lu bawa ke toilet blm?"
"Udah tuh, sering. emang kenapa ya?"
"Ih, ga boleh, jangan lanjut. ga boleh baca quran yang udah di bawa ke toilet gitu ca."
"Loh masa? kata siapa?" *Mulai keras kepalanya keluar*
"Ihh emang ga boleh, itu kan Al-quran masa lu bawa-bawa ke toilet. dan 'katanya' ga boleh baca qur'an yang udah pernah masuk ke toilet."

KATANYA! masih katanya kan? kenapa ga coba untuk cari tahu dulu.

Iyah, terus gw coba untuk cari tau kan. gimana hukumnya membaca qur'an di hape? padahal hape kita sering keluar masuk toilet. Daaaaan...

Alhamdulillah
Diperbolehkan menaruh Al-Qur’an di dalam HP. 
Tentunya yang perlu kita cari tahu terlebih dahulu itu pengertian mushaf. Jadi, yang dimaksud dengan Mushhaf adalah setiap benda yang di sana terdapat sebagian tulisan dari Al-Qur’an yang digunakan untuk dirosah (belajar) seperti kertas, kain, plastik, papan, tiang, tembok dan sebagainya.

Lalu bagaimana dengan handphone? sedangkan di dalamnya terdapat ayat-ayat alquran? meskipun aplikasi itu bisa kita buka dan tutup?
Begini penjelasannya, jadi tidak masalah menaruh Al-Quran di dalam HP, tapi saat kita terpaksa  harus membawa HP ke dalam toilet karena takut hilang atau diambil orang, kita harus mematikan HP itu. Setidaknya program Al-Quran yang sudah terinstal harus dimatikan atau dinon-aktifkan dulu sementara.

HP yang kita punya itu cara bekerjanya mirip sekali dengan otak manusia, bukan? Di dalam otak kita juga terdapat data-data Al-Quran. Seorang penghafal Quran misalnya, di dalam kepalanya ada ribuan memori ayat Al-Quran. Teruuuuusss seorang penghafal Al-Quran diharamkan masuk ke dalam WC karena di dalam kepalanya ada data-data digital Al-Quran gitu? ga masuk akal kan.

Yang penting kita jangan konyol aja, baca Al-Qur'an atau mendengarkan tilawah Al-Qur'an saat sedang di toilet. Ga sopan ya gaess..

Bagaimanapun kita tetap harus menjaga & menghargai kitab suci kita sendiri kan...

Jadi gausah ragu, mau alasan apalagi kita untuk ga baca Al-Qur'an padahal zaman sudah memudahkan kita untuk mempelajari Al-Qur'an.


credit : rumahfiqih

No comments:

Powered by Blogger.