The 5 Love Languages



"He love me, or... He love me not"

Pastinya, kalian semua pada pernah kan ngerasa bingung sama pasangan kalian. Bingung apakah pasangan kalian sebenernya cinta atau engga sih sama kita?

Perasaan insecure kaya gini sebenernya wajar sih. karena ternyata setiap kita membangun sebuah hubungan, kemesraan kita sama pasangan paling lama hanya akan bertahan 1,5 - 2 tahun aja. setelah itu, perasaan kita akan berubah. entah menjadi bosen atau bahkan akan berubah sebaliknya, benci.

Perasaan tersebut pastinya akan kita alami sama pasangan kita, dan bagaimana kalau kita sedang mengalami tahap kritis setelah 2 tahun tersebut?
Mungkin beberapa dari kita memiliki beberapa pilihan, seperti :
1. Break (Memberikan waktu untuk kita berpikir jernih. tapi kemungkinan lain yang terjadi. perasaan kita akan bener-bener berubah ke pasangan kita.)
2. Selingkuh (Beberapa pakar menilai, 'selingkuh' hanya memberikan kesenangan sementara, dan ini tidak akan bertahan lama. bad side-nya justru akan merusak sebuah kepercayaan) 
3. Putus, dan memulai dengan yang baru (Ini akan sama seperti sebelumnya, hanya akan mengulang siklus baru, dan bisa aja berakhir sama setelah 2 tahun)
4. Saling komunikasi? (Ini bisa menjadi sebuah cara yang cukup efektif. tapi bagaimana jika bahasa cinta yang kita dan pasangan kita gunakan berbeda? Selamanya, komunikasi ini tidak akan berjalan lancar)

Lalu gimana cara kita berkomunikasi dengan benar? yaa, kita mesti belajar menggunakan 'Bahasa Cinta'
Prinsip di sini adalah, Jangan Egois, Cari tahu 'bahasa cinta' kita dan 'bahasa cinta' pasangan kita, dan coba untuk berkomunikasi dengan bahasa cinta tersebut.

Menurut Dr. Gary Chapman, ada 5 bahasa cinta yang perlu kita ketahui, dan yang mana yang lebih dominan bagi kita?

1. Words of Affirmation : Bahasa cinta ini membutuhkan penegasan lewat kata. semisal "Aku cinta kamu". Bagi mereka, tindakan tidak akan selalu menunjukan bahasa cinta. tapi lewat kata, mereka lebih jelas memahami bahwa orang tersebut cinta kepada mereka. Bahasa cinta ini sangat simple tapi memang bagi orang yang tidak romantis akan sangat susah mengucapkan ini sesering mungkin ke pasangan kita. Orang dengan tipe bahasa cinta ini sangat membenci omongan kasar dan penghinaan tidak akan pernah mereka lupakan (Guess what?? setelah gw test, ternyata gw termasuk tipe ini)

2. Quality Time : Menghabiskan waktu bersama. Bahasa cinta ini akan merasa sangat dicintai jika pasangannya mau melakukan kegiatan secara bersama-sama, tidak hanya sekedar bersenang-senang, melakukan kegiatan sehari-hari seperti menonton bersama atau makan bersama sudah menambah kadar cinta mereka. Bahasa cinta ini memerlukan waktu bersama setidaknya 30 menit setiap hari untuk bisa berkomunikasi, yaaa mungkin sepulang kerja? sekedar melepas lelah, mengobrol dapat meningkatkan semangat tersendiri bagi mereka. (Dan yaaa... Bahasa cinta ini berada di urutan pertama buat gw)

3.  Receiving Gift : Jika anda pecinta hadiah, fix! anda akan masuk ke dalam tipe bahasa cinta ini. Bagi anda menerima sebuah hadiah dari pasangan anda menunjukan sisi romantis tersendiri. Dan menurut anda, 1 bunga yang diberikan ribuan kali lebih baik daripada 1000 bunga yang hanya diberikan sekali. Jadi semakin banyak memberikan hadiah semakin anda melihat ada cinta di situ. Well, setiap wanita menyukai sebuah hadiah. 

4. Act of Service : Maksudnya "Di layani", iyaaah anda akan merasa sangat di cintai jika pasangan anda begitu melayani anda (re: siap jadi babu hehehe) Anda akan sangat menghargai jika anda melihat usaha pasangan anda untuk membantu walau hanya hal kecil seperti membukakan pintu, membawa tas belanja anda, memijat punggung anda, membuat masakan atau lainnya. bagi anda itu adalah romantis. Jika bahasa cinta anda adalah tipe ini, mungkin orang lain akan melihat anda termasuk orang yang manja. tapi kenyataannya anda hanya membutuhkan tindakan sebagai bukti. Yeah.. Love ain't a thing, love is verb.

5. Physical Touch : Apakah anda akan merasakan sangat dicintai jika pasangan anda memeluk? mengandeng tangan anda? kalo iya, bisa di pastikan anda termasuk dalam tipe ini. Cukup simple memang, dengan sentuhan fisik anda sudah menunjukan bentuk cinta kalian ke pasangan. tapikan tapikan kalo yang belom halal, dosaaaa ya qaqaaa. heheheh sentuhan fisik ini bisa kita terapkan nanti ke anak, sering-sering di rangkul, di kecup pipi nya. biar anak kita tahu seberapa besar rasa cinta kita ke mereka. 

Daaaan, sekarang coba deh lihat-lihat pasangan kalian. itu tipe bahasa cinta yang mana. Jangan sampai kalian salah paham dengan penyampaian cinta dari pasangan kalian. 
Semisal contoh : ada sepasang kekasih, Juki dan Tesa. Juki adalah cowo dengan tipe bahasa no. 4 sedangkan Tesa tipe no. 1

Menurut gw, itu 2 tipe yang amat berbeda jauh. Tesa hanya membutuhkan kata "I love you" sedangkan Juki membutuhkan tindakan sebagai bukti.

Tesa amat sangat sering mengucapkan kata-kata romantis untuk juki, sedangkan juki merasa itu hal biasa dan terkesan murahan. jadi tidak terlalu berarti bagi juki. sebaliknya tesa merasa bingung karena juki tidak pernah mengucapkan kata-kata romantis tersebut. Jadi tesa menilai juki tidak mencintai-nya. Sedangkan Juki pun merasakan hal yang sama, usaha yang selalu dia lakukan seakan tidak pernah dihargai oleh tesa, juki merasa tesa menyepelekan semua usahanya. Padahal juki ingin tesa menunjukan cinta dengan tindakan.

Nah loh, ribet kan? ini lah permasalahannya kalo kita ga tahu bahasa cinta pasangan kita sendiri. kita hanya akan suuzon. seandainya Tesa tahu bahasa cinta juki adalah lewat tindakan, maka tesa akan sangat tersanjung dengan semua usaha juki. sebaliknya juki pun akan tahu bahasa cinta tesa itu lewat kata-kata maka juki akan mengerti betapa cintanya tesa pada juki. Dan mereka bisa mengaplikasikan bahasa cinta tersebut masing-masing. 

Semisal tesa mengirimkan bekal makan siang ke juki sebagai bahasa cintanya. dan juki mengucapkan kata-kata cinta pada tesa. sehingga tesa pun jelas mengetahui bahwa juki cinta kepadanya. bukankah cinta tesa amat sangat simple? tidak membutuhkan waktu, usaha, hadiah atau bahkan sentuhan langsung. hanya dengan kata-kata? yah bersyukurlah juki mendapatkan tesa.

Dan tesa, harusnya bersyukur mendapatkan juki karena juki akan selalu siap membantu tesa kapanpun sebagai bentuk rasa cinta juki kepada tesa. Waaarbiyasaaak~

Ayooo Bagi kalian yang mau tahu Bahasa Cinta kalian, Ikuti test di sini :
"The 5 Love Languages Test"

No comments:

Powered by Blogger.