Tips Menghadapi Orang Yang Suka Nyinyir

Kayaknya hampir semua temen gw yang cewe pernah ngalamin yang namanya berhubungan sama nyinyirun di media sosial.

Nyinyirun adalah orang yang suka menampakkan kebenciannya kepada seseorang di media sosial, niatnya mau nyindir lawannya lewat status yang dia buat. Dan media yang sering digunakan : twitter, facebook, status bbm.

Pasti kalian juga pernah punya temen kaya gini, minimal 1 lah ya.

Gw posting begini karena ada curhatan juga dari temen gw, gimana keselnya dia ngadepin orang yang seneng banget kepoin dia trus nyindir dia di sosmed. 

X : Ihh gw kesel banget, gw bingung gw salah apa sama dia sampe dia tiap gw post apapun di nyinyirin mulu ama dia. Lah emang gw ga nyadar apa? emang dia kira gw gatau kalau dia kepoin gw mulu.

Gw : Emang awalnya gimana bisa begitu? terus lu diem aja digituin?

X : Ya ga lah, gw bales! Orang gw ga salah, dia justru yang ga terima salah dia blablablablablablablabla blablablablablablablabla blablablablablablablabla blablablablablablablabla

(20 Menit kemudian)

Gw : Nah, itu yang salah. Harusnya lu gausah bales nyinyir juga, yakeeeen ga bakalan selesai deh.

X : Terus gw diem aja gitu??

Gw : Ga, lu harusnya tanya ke orang itu, punya masalah apa sama lu? kalau dia yang salah, tanya kenapa dia gituin lu. Kalaopun akhirnya lu yang salah, ya lu minta maaf.

X : CA! gw udah pernah nanya langsung ke dia, malah gw pernah minta maaf kalau emang gw salah, tapi boro-boro di bales, malah dia nyinyir di twitter.

Gw : Yaudah berarti udah jelaskan? Level kedewasaan lu ga sama ama dia. Apa kabur dari masalah itu dewasa? Gak! Nah sekarang mending diemin aja, ga bakalan selesai juga kalo lu bales. lu cuman bakalan emosi, dan itu permainan setan (ajigile mantab jiwa omongan gw) Nih dengerin gw, Mulai sekarang hapus semua dia dari hadapan lu, jangan pernah kepoin dia lagi, semisalnya lu denger dari temen lu si 'dia' nyinyirin lu, diemin aja, seandainya lu tau dia kepoin lu, biarin aja.

Buat kalian juga yang pernah ngalamin masalah dengan orang nyinyir di media sosial. Gw kasih tips simple, pertama : "CUEKIN AJA". 

Jangan pernah bales nyinyir apapun, bahkan kalian update status aja itu bisa dikira kamu lagi nyinyirin dia loh! Ini serius gw pernah kenal sama orang begini, kepoin blog, twitter, sosmed gw lainnya, curi-curi postingan, nyinyirin postingan. 

Harusnya kalian bersyukur dengan keberadaan dia, karena dia diem-diem ikut bantu celengin pahala kalian. Hehehehe...

Tips kedua, "MEMAAFKAN."
Forgive others, not because they deserve forgiveness, but because you deserve peace.
Kalau dia tipe orang yang ga bisa hadapin masalah, gimana kalian mau nyelesaiin masalah secara baik-baik? Jadi udah, cukup bicara sama Allah Azza wa Jalla, mohon ampun dan maafkan dia. Minta sama Allah untuk dijauhkan dari sifat dendam, dan angkat segala rasa sakit hati kita pada dia.

InsyaAllah hati kalian bakalan tenang. Sekalipun kalian tau orang itu masih suka kepoin kita, nyinyirin kita di twitter atau sosial media manapun. Tenang! Kalian cukup ingat, Allah adalah Dzat yang Maha Adil (Al-'Adl).

“Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.” (QS. Al Zalzalah, 99:7-8).
Tips ketiga, "JANGAN BONGKAR AIBNYA" 
Seburuk apapun yang dia lakukan ke kalian, cukup simpan aja. Jangan cerita 'si onoh tuh masa giniin gw terus dia begini-begini' zzzzzttt. Kalian gamau aib kalian dibongkar sama Allah kan? Inget kalian semua juga penuh dosa. Inget-inget kalian pernah buat dosa apa sama orang, minta maaf deh. Ga ada kata telat dalam meminta maaf, cuman kita aja yang kelewat gengsi.


No comments:

Powered by Blogger.