6 Tips Menghindari Rasa Cemburu

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Postingan ini terinspirasi dari sifat buruk gw sendiri. Iyah buruk banget, satu-satunya sifat yang gw sendiri bencik. Gw selalu berdoa sama Allah (Subhanahu wa Ta'ala), supaya buang sifat cemburu ini.

Cemburu gw ini lebih ke pasangan yaa, Ga lebai juga. Jadi bukan cemburu ke temen, ke sodara atau hal-hal lain. Ga, itumah bukan cemburu bagi gw. Tapi, itu namanya iri hati. Dan Alhamdulillah, aku bukan anak irian, bukan pula papua. *loh

Sebenernya sifat cemburu ini dimiliki oleh semua manusia, dan dalam hadits berikut juga jelas, Allah (Subhanahu wa Ta'ala) pun cemburu jika hamba-nya berbuat dosa. Itupun karena saking cinta-nya Allah (Subhanahu wa Ta'ala) kepada kita.

"Sesungguhnya Allah (Subhanahu wa Ta'ala) merasa cemburu. Dan seorang mukmin pun merasa cemburu. Adapun kecemburuan Allah (Subhanahu wa Ta'ala) itu akan bangkit tatkala seorang mukmin melakukan sesuatu yang Allah (Subhanahu wa Ta'ala) haramkan atasnya.” (HR. Bukhari dan Muslim, lihat Syarh Muslim li an-Nawawi [9/28] cet. Dar Ibnu al-Haitsam Tahun 2003)

Cemburu gw ini lebih beralasan karena Cinta sih. Yaiyalah cinta, kalo ga cinta ga mungkin ada perasaan cemburu. Gw udah curhat ke temen gw yang gw anggap amat sangat dewasa, omongannya penuh nasihat yang buat gw kepengen sharing disini. Jadi gw pun cerita, kalo gw ini cemburuan banget, cemburu pada suatu hal yang seharusnya ga gw cemburuin.

Tapi dengan kata-katanya dia nenangin, "Ca, semua wanita pasti pencemburu, bahkan istri Rasulullah sekalipun, dan pasti mereka punya alasan untuk cemburu. Apa alasan lu cemburu? setiap lu cemburu, coba sadari dulu alasan lu cemburu kenapa dan pada siapa."

Nunduk diem. Setelah gw sadar, gw cemburu pada orang yang salah. karena orang tersebut sudah bukan bagian yang pantas untuk gw cemburuin lagi.

So, karena blog ini juga jadi catatan pribadi gw untuk pengembangan diri gw. Gw pun pengen buat point-point penting, hasil dari nasihat temen gw yang bisa buat gw menghindar dari sifat pencemburuan gw ini. Dan semoga postingan ini membantu buat kalian yang juga 'pastinya' punya sifat pencemburuan.

1. Zikir, Berdoa-lah. Jika seketika ada hal yang membuat anda cemburu kepada orang yang anda cintai. Coba untuk ber-istighfar, lalu berdoa. "Ya Allah, jika kecemburuan-ku ini salah, tolong hapuskanlah rasa cemburu-ku ini. Tapi jika kecemburuanku ini benar akan kenyataannya, tolong beri hamba petunjuk yang baik dan jauhkanlah hamba dari segala hal buruk. Allahuma Aamiin."

2. Stop Ber-imajinasi. Coba untuk tenang. Jangan menghayal atau berpikiran kemungkinan-kemungkinan buruk yang mungkin terjadi, karena itu hanya akan membuat anda semakin kesal. Coba jauhkan hal-hal yang membuat anda jadi cemburu, mungkin bisa berupa chat, social media atau apapun itu. Buang jauh-jauh pikiran negative itu. Jangan beri ruang untuk mengeluarkan isi pikiran buruk kita. (Ini peer banget nih buat gw)

3. Relax. Pastikan anda sudah tenang, baru anda coba untuk analisa. Jangan coba-coba menganalisa dalam keadaan hati anda sedang buruk. Conclusion yang keluar hanya dari pikiran negative anda. (Dan ini yang selalu gw rasain. setiap gw berbuat bodoh, pasti gw bakalan nyesel sendiri sama tindakan yang gw ambil karena hasil dari pikiran negative gw)

4. Be Realistic. Cari alasan, kenapa anda cemburu, apa ada bukti yang konkret? Lalu kepada siapa anda cemburu? Apakah orang tersebut pantas untuk anda cemburui. Kalau dia cuman gebetan mah pleaseeee... jan bikin malu! Begitu juga sama orang yang kita sendiri udah ga punya hak untuk ngerasa cemburu. *getok pala sendiri*

5. Jika 4 hal di atas belum membuat rasa cemburu anda hilang (pastinya sih), coba untuk mendekatkan diri kita ke pasangan. ada pepatah mengatakan, "Cinta itu ditumbuhkan bukan dicari". Mungkin ada alasan kenapa pasangan anda terlihat mencurigakan bagi anda, mungkin juga dia merasa bosan. Jadikan rasa cemburu itu ladang untuk kamu memanjakan pasangan kamu. Point ini tips dari sahabat gw nih, tapi khusus yang udah jadi suami-istri yaaa.... beware. Segera perkuat cinta kalian kembali.

6. Kalau pasangan anda sudah bahagia, dan menurut kalian suasana sudah aman. Coba utarakan isi hati anda. (emang yang namanya cewe ga bakalan puas kalo belum dikeluarin.) Tapi pleasee... Jangan bahas yang ga guna atau bertele-tele. Maksud dari point ini hanya untuk menembuhkan kepercayaan kita lagi. Percakapan yang menyakinkan kita, kalo pasangan kita ga akan macem-macem. Jadi pleasee... jangan pake kuota emosi kita.

Yaaah, sejatinya wanita cuman pengen denger kata-kata yang menenangkan hati kok dari lelaki-nya. Kayaaaa... "Kamu tenang aja, aku cuman milik kamu. Yaudah mulai sekarang, aku jaga sikap aku, supaya kamu juga merasa tenang." Aw <3 


Dan buat readers cowo, mungkin kalian bisa baca postingan ini, Aku Cemburu, Kamu Cemburu, Dan Setiap Wanita Pasti Pernah Cemburu. Jadi tau deh, solusi saat ngadepin cewe cemburu itu kaya gimana.

Note : Mungkin bukan menghindari kali ya tapi mengurangi, karena rasa cemburu itu susah untuk dihindari. Kecuali memang tidak ada rasa cinta.

2 comments:

Unknown said...

Gue justru seneng kalw cewek gue cemburu
Cewek cemburu bukannya karna takut khilangan?

Aplagi yang cemburu cantik kaya yang nulis hehe

Khairu Ncha said...

Hahahaha iyah bisa jadi, cemburu mah pasti karena cinta.

makasih yah udah baca :)

Powered by Blogger.