Pengalaman Hijrah-ku


Ketahuilah olehmu, keputusanmu untuk tidak mengenakan jilbab akan membuat Rabb-mu menjadi cemburu, sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda yang artinya,

“Sesungguhnya Allah itu cemburu dan seorang Mukmin juga cemburu. Adapun cemburunya Allah disebabkan oleh seorang hamba yang mengerjakan perkara yang diharamkan oleh-Nya.” [Hadits shahih. Riwayat Bukhari (no. 4925) dan Muslim (no. 2761)]
 ********************************************************************************

Gw mau share nih, pengalaman hijrah gw *alah* heheh pengalaman gw pertama kali pake jilbab. Salah satu bagian yang paliiing berarti buat gw, salah satu kebanggaan buat gw dan juga salah satu ujian yang paling berat buat gw.

Gw pake jilbab, dari umur 7-8 taun, kira-kira pas kelas 2-3 SD. Hahahaha masih ciiliiik temen temen~

Dari umur segitu, sampe sekarang. Alhamdulillah gw masih konsisten, ga ada acara lepas pake jilbab, Hahahaha akikah mah anaknya komitmen cyiiin. Alhmadulillah yaa~ 

Ga ada bayangan gw bakal pake jilbab, hidayah itu datang ga terduga. Bukan permintaan orang tua gw, atau siapapun, gw pake atas kemauan gw sendiri, dan atas izin Allah juga pastinyaa yaa..

Jadi awal cerita gw niat pake jilbab tuh kaya gini, temen gw yang inisialnya D itu suka dtg ke sekolah pake jilbab, dia pake jilbab kalo lagi mood doang, sehari pake, besoknya lepas ntr bebebrapa bulan pake lagi, sehari doang abistu lepas lg, gatau sih alasannya apa.. ya wajar sih namanya juga masih kecil, masih belajar ya kan?? Tapi entah kenapa gw ga suka! Apa sih maksudnya? mau pake ya pake, ga ya engga, jangan buat gaya doang. Sampe suatu hari gw putusin cerita tentang niat gw berjilbab ke nyokap gw, 

Gw : Bu, ica mau pake jilbab deh ke sekolah
Ibu : Wah iya bagus ca, pasti tambah cantik nanti
Gw : Tapi ica masih takut bu, kalo ica suatu hari ga kuat gimana? Kalo ica minta lepas jilbab gimana bu?
Ibu : Ya jangan, harus tahan. Itu bisikan setan.
Gw : Iya ica juga ga mau kaya temen ica. Tapi ica takut di ledekin sama temen-temen ica bu.
Ibu : Ya biarin aja, nanti ica yang dapet pahala.
Gw : Yaudah deh mulai besok ica pake jilbab.
Ibu : Yaudah, tapi ibu ga ada uang buat beli seragam baru tangan panjang, pake yang biasa dulu ya. Anggap aja sebagai pembelajaran.
Gw : Iya gapapa bu.    
     
Akhirnya besoknya gw sekolah pake jilbab tuh, tapi pake kemaja lengan pendek. Entah kenapa tekad gw udah buleeet bgt. Ga peduli apa kata orang.

Daaaaan sampe di sekolah, semua temen temen gw kaget. Pastinya. Tapi sebagian dari mereka anggep gw cuman niru temen gw si D, “Ciee ica ikut ikutan D nih, palingan juga sebentar lepas lagi.”
“Ga kok aku serius.”

Dari sini lah, rotasi hidup gw berubah, namanya orang mau naik kelas, pasti ada ujian, dan ujian idup gw pun dimulai. Semua cengan, nyinyiran orang gw dapetin. Di bilang pala botak, di bilang kacang sukro, di bilang sok alim, bu haji lah. Kenyaaang gw.

Maklum lah, jaman dulu kan yang pake jilbab itu jaraaang bgt, dan malah banyak orang ngeliatnya itu asing. Gw pun suka ngerasa asing yaa tapi sesuai lah sama hadits ini.

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Islam muncul dalam keadaan asing, dan ia akan kembali dalam keadaan asing, maka beruntunglah orang-orang yang terasingkan itu.” (HR. Muslim no. 208)
 
Tapi ada yang paling sedih dr yang paling sedih, saat temen gw bilang “Lu percuma kali pake kerudung, tapi kemeja lu tangan pendek. Ga ada gunanya tau.”

Sakiiiit, kalo gw punya uang juga gw udah beli seragam baru! Tapi kan gw juga ga bs maksa orang tua gw, ini atas kemauan gw sendiri pake jilbab. Gw cuman bs jawab “Gapapa, ini kan masih masa pembelajaran gw.”

Bukan cuman itu, saat itu kan gw masih kecil ya, masih seneng-senengnya main. Pernah gw lagi main rumah-rumahan sama temen gw pake tenda gt, nyokap temen gw cariin anaknya dalem tenda terus pas liat gw dia kaget “Ya Aampuun ada bu haji dari mana ini dalem tenda, udah gede masih aja main sama anak kecil. Ayo keluar keluar” terus gw di ketawain sm ibu-ibu.

T___T Padahal kita seumuran semua, ibuuuu, aku masih umur 8 taun juga. Apa salahnya main dengan pake jilbab.

Gw juga pernah di ikutin sama anak anak kecil sambil di sorakin, di bilang “Pala botak pala botak pala botak” Sabaaaaaar… gw cuman blg “Gw ga botak!” di jawab pula, “Terus knp pake kerudung, pasti pala nya botak kaaan” terseraaaah dah.

Kalo di pikir-pikir, bisa jadi gw belajar sabar dari ini semua. No no~  gw ga ada dendam, gw maafin semua yang di atas itu. Tapi yaa sekedar share aja, setiap hal baik pasti ada aja cobaannya dari setan yang goda kita. Alhamdulillah gw lulus sampe umur sekarang, dan semoga sampe gw menghembuskan nafas terakhir gw pun, gw tetap seorang muslimah yang memakai jilbab. Insha ALLAH. Aamiin.

Semakin gw beranjak remaja, mulai sisi bandel gw keluar, gw akuin kok. Sampe sekarang sifat gw belum seratus persen pantes memakai jilbab, tapi mau nunggu sampe kapan?? Mau sampe meninggal pun, kalian akan tetep ngerasa belum pantes kalo ga memulai duluan. Ga ada manusia yang sempurna, setiap manusia punya cela untuk dihina oleh orang lain. Begitupun gw, tapi karena jilbab yang gw pake, semua orang menyudutkan gw dan bilang, “Lu kayaknya ga pantes deh pake kerudung. Sifat lu ga cocok sama kerudung lu.” 

Ya Allah, maaf kan hamba, maafkan sifat hamba yang buruk ini. Tapi sungguh aku mencintai jilbab ku ini. Satu satunya yang selalu aku pertahankan. Ya jilbab ini.

Tapi kalian siapa? Menjudge seorang seperti aku? Apa kalian merasa lebih suci? Sekali lagi, jangan ya jangan pernah hina wanita yang berjilbab, menyalahkan jilbabnya. Itu sakit kaka.

Kalopun seorang muslimah melakukan kesalahan, yang salah itu sifat orang tersebut. Bukan jilbabnya, karena wanita berjilbab belum tentu berakhlaq mulia, tapi wanita berakhlaq mulia sudah pasti berjilbab. Sifat buruk ini ga ada sangkut pautnya sama jilbab ini. karena ini perintah Allah

Gw sadar betul, sifat gw masih sangat sangat buruk, tapi jilbab inilah yang selalu jagain gw. Sekali lagi, gw cuman berusaha menjalankan perintah Allah. Maaf ya Allah kalo hamba merusak image wanita berjilbab. Mulai saat ini, gw bakal jaga sifat dan sikap gw.

Ada 3 Motivasi gw untuk tetap berjilbab sampe sekarang :
  • “Berjilbab itu adalah bentuk ketaatan kepada Allah.”
  • “Berjilbab bukanlah dasar dari kemuliaan seorang wanita, tapi tanpa jilbab, wanita tidak akan pernah di muliakan.”
  • “Aku mau melindungi orangtua aku dari api neraka”

Buat para muslimah, kurudungers, jilbabers, hijabers. Bersabarlah buat cobaan yang kalian alami. Pertahankan terus. Dan buat yang belum berjilbab, jangan menunggu hidayah datang, jangan takut dengan omongan orang, niatkan itu karena Allah. Insha Allah di permudah jalannya.

Semoga postingan ini bisa bermanfaat buat kita semua, dan maaf buat orang orang yang merasa tersingung dengan postingan gw ini..

“Jadikanlah jilbab menjadi alasan utama seorang muslimah untuk dapat melaksanakan aktivitas sosialnya dengan rasa aman.” - Khairuncha -

*********************************************************************************

Buat kalian yang ingin memakai jilbab jika sudah menikah nanti.

Tahukah engkau siapakah lelaki yang datang meminangmu itu, sementara engkau masih belum berjilbab? Dia adalah lelaki dayyuts, yang tidak memiliki perasaan cemburu melihatmu mengobral aurat sembarangan. Bagaimana engkau bisa berpendapat bahwa setelah menikah nanti, suamimu itu akan ridha membiarkanmu mengulur jilbab dan menutup aurat, sementara sebelum pernikahan itu terjadi dia masih santai saja mendapati dirimu tampil dengan pakaian ala kadarnya? Jika benar dia mencintai dirimu, maka seharusnya dia memiliki perasaan cemburu ketika melihat auratmu terbuka barang sejengkal saja. Dia akan menjaga dirimu dari pandangan liar lelaki hidung belang yang berkeliaran di luar sana. Dia akan lebih memilih dirimu yang berjilbab daripada dirimu yang tanpa jilbab. Inilah yang dinamakan pembuktian cinta yang hakiki.



Powered by Blogger.