#SaveIndonesiaFromAsap

Kayaknya telat bgt kalo mau posting ini ya boo?
gapapa deh, lebih baik terlambat daripada ga sama sekali, yaaa postingan ini bentuk kepedulian gw juga layaah~ #tsaaah *siapa juga yang mau liyat*

Jadi gini, akhir akhir ini kan indonesia lagi gila gila nya keluarin asap, gara2 kebakaran hutan di daerah sumatra sama kalimantan jadi nya negara tetangga pun pada kena haze. *bahasa gaulnya gt*

Nah! gw juga suka liat tuh di socmed, foto2 asap di riau, sumbar, jambi, palembang juga kayaknya korban mulai banyak berjatuhan. ya salaaam.. lindungi lah sodara sodara hamba di sana dari segala penyakit ya Allah.

Gw juga kan suka tukar-kabar gt sama ka vivi, kebetulan dia tinggal di pekanbaru, cerita bagaimana kejamnya asap itu, "iya naik lagi kadar pm10-nya ca" "hah? ya Allah, serius ka?" (dalam ati apaan tuh pm10) setelah gw search, ohh iya itu Particulate Matter 10 (PM10) merupakan partikel kecil yang  bertanggung jawab untuk efek kesehatan yang merugikan karena kemampuannya untuk mencapai daerah yang lebih dalam pada saluran pernapasan. Dan alat pengukur Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) mencatat kadar PM-10 itu udah lebih dari 50, batas dari angka udara sehat.

Biar lebih jelasnya silahkan cek website BMKG yaaa... di pekanbaru sekarang angka nya udah mencapai udah masuk 576.40 u gram/m3 dan itu artinya udara masuk ke dalam angka BERBAHAYA!

Cerita punya crita, kebetulan minggu kemaren itu gw abis traning-in orang palembang, dia kerja di PT S*m*n B*t*r*j*. Dan di sela sela sesi training dia cerita kondisi di palembang parah bgt! asapnya sampe masuk masuk ke rumah (sama bgt kaya yang di ceritain ka vivi) ya ampuun ga kebayang deh di gw itu asap sampe masuk ke rumah :((

Terus dia kasih liat gambar2 di palembang, sampe itu aja yaaa jembatan cinta palembang alias ampera bridge ga keliatan dalam jarak deket.

Terus gw tanya, anak-anak yang sekolah gimana? kata dia "kalo yang sekolahnya pake AC mah tetep masuk, tapi kalo sekolahnya ga pake AC di liburin. duhh :( dr dlu gw sekolah ga pernah pake AC, untung gw anak jakarta. *sujud sukur*

Mari kita berdoa buat sodara sodara kita yang sedang kena musibah asap yaa teman temans :)

semoga selalu di lindungi oleh ALLAH dari segala musibah dan penyakit. Aamiin ya rabbal alamin

#SaveIndonesiaFromAsap
Powered by Blogger.