Menikah dan Punya Anak (?)

Habis liat postingan Stella yang ini, jadi kepengen juga cerita soal nikah dan anak. #iyahakumahanaknyalatahan

Ngomong-ngomong soal nikah, yaaah iyah sih emang itu pilihan. tapi ya tetep aja takdirnya Allah yang ngatur kan? hemmm... sempet mikir sih sebenernya jodoh itu boleh ga sih kita yang pilih? apa pada akhirnya tetep takdir yang atur? (ah nca ngomongnya kaya ga punya agama ajeeee)
Bahkan daun yang jatuh dari pohon aja udah di atur sama Allah, apalagi jodoh? pasti sudah jelas.
Terus gimana dong supaya kita bisa milih jodoh kita? gampang!
Tanya sama diri kita sendiri, jodoh seperti apa yang kita inginkan?
Semisal, kita ingin suami yang seperti Nabi Muhammad SAW, *ngarepnya kebangetan* nah kita tinggal liat diri kita, sudah seperti Khadijah kah kita? atau ingin suami seperti Ali, kita pun harus bisa menjadi seorang fatimah. ingat! jodoh itu seperti cerminan diri kita.
Pantaskan diri untuk dirinya, berdoa dan terakhir tawakkal sama Allah SWT deh.

Terus soal anak, hmm jujur gw sih pengen banget. hahahaha Aamiin Aamiin ya Allah
Ya emang sih tanggung jawabnya gede banget kan, belom pas ngelahirinnya bener-bener perjuangan antara hidup dan mati, belom biaya segala macem, belom cara mendidiknya anak kita, salah salah bisa kita yang keseret ke neraka... emang ribet deh ah!

Tapi pemikiran gw cukup simple sih, gw pengen punya anak, punya keturunan, gw bahkan udah pikirin itu nanti kalo gw punya anak mau gimana cara mendidiknya, pendidikan apa yang bakalan gw kasih dan gimana caranya anak gw jadi hafidz qur'an, mungkin sekolah di DaQu (?) Tapi gw ga mau anak gw cuman hapal Al-Quran tanpa paham artinya apalagi cuman dibibir tapi ga di laksanain. hiii..

Bagi orang tua, anak itu ibarat harta berharga yang ga cuman di dunia tapi juga bisa jadi tabungan di akhirat. itu sih mindset gw. Makanya bekal yang bakalan gw kasih ke anak soal akhirat pun kudu mateng. gw ga mau anak gw jadi alasan gw masuk neraka, hiiiiih nauzubillahiminzalik.

Tau ga kalian, 3 AMALAN YANG TIDAK TERPUTUS PAHALANYA, saat kita sudah meninggal.
1) amal jariyah
2) ilmu yang bermanfaat
3) anak soleh yang mendoakan ibu bapanya.

NAH! TJAKEP!

Paham kan kenapa gw posting ini? iyaaaah... biar kita semua sadar, saat kita meninggal nanti (semoga dalam keadaan khusnul khotimah, Aamiin) amalan kita tidak akan pernah putus.

Ya sih, coba deh siapa lagi sih yang bakalan mau doain dan inget kita kalo ga anak? nah sebagai anak kita mikir juga dong, sudahkah kita cukup mendoakan ibu bapak kita? Sudah kah kita termasuk anak yang soleh?

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.”
[QS At-Tahriim: 6]

Ayat di atas cukup jelaskan, untuk kita saling mengingatkan dan menjaga keluarga kita dari api neraka. Udah buang deh sikap egois kita yang masih mikir, "dosa dosa sendiri, yang nanggung diri sendiri."

Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

"Sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan mengangkat derajat seorang hamba yang shaleh di surga. Kelak ia akan berkata, ’’Wahai Rabbku, bagaimana hal ini bisa terjadi padaku?” Dijawab-Nya, “karena permohonan ampunan anakmu untukmu”"
[HR Ibnu Majah dan Ahmad, dan dishahihkan Ibn Katsir]


********************************************************************************

Dikisahkan oleh Kiyai Haji Zainuddin MZ dalam salah satu ceramahnya yang mengutip sebuah hadits, ada orang tua yang hendak dimasukkan ke surga lantaran amal-amal shalihnya saat di dunia. Namun, ia dihentikan oleh malaikat lantaran ada hisab yang belum kelar.

Orang tua ini pun digiring ke sebuah tempat di neraka. Di sana, anaknya menunggu dalam keadaan terhina lantaran siksa. Menyakitkan. Menyedihkan. Memilukan.

Usut punya usut, orang tua pun ditanya, “Apakah sosok yang mengaku sebagai anaknya itu benar?” Orang tuanya pun tak kuasa mengelak. Diakui. Lantas, dilanjutkanlah hisab dan didapati kesimpulan; orang tua tersebut abai terhadap anaknya. Ia hanya sibuk beribadah, tapi tidak menasihati atau mendakwahi anaknya.

Ketika dirinya shalat, si anak malah menenggak minuman keras. Tatkala ia berpuasa, anaknya malah asyik di meja judi. Ketika dirinya pergi haji, buah hatinya itu malah berzina. Atas tuntutan si anak dan sikap abainya tatkala di dunia, orang tua tersebut pun dijebloskan ke dalam siksa neraka.
Powered by Blogger.