Aku Cemburu, Kamu Cemburu Dan Setiap Wanita Pasti Pernah Cemburu

Kalau lagi edisi curhat sama temen, biasanya ada aja cerita-cerita seputar kecemburuan.

Mikir juga sih, sebenernya wajar ga sih kita ngerasa cemburu?

Ada yang bilang :

"Ngapain sih cemburu, saling percaya aja kali"
"Cemburu itu bumbu cinta, jadi wajar aja sih, asal jangan berlebihan"
"Yaelah cemburuan amat, kayak anak SMP luh! udah gede masih aja cemburuan"
"Justru dari cemburu itu, bukti kalo kita cinta sama dia"

Menurut kalian gimana?

Gatau yaah, tapi gw suka zebeeel sama cewe, yang sok nasihatin temen cewenya terus bilang, "Gausah cemburu kali, percaya aja sama pasangan kalian, ga dewasa banget sih"

Helloooooo... kalian tahu ga? Bahkan istri-istri Nabi Muhammad SAW pun punya sifat ini.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu pernah berada di sebagian istrinya (yaitu ‘Aisyah). Salah satu istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengutus pembantunya untuk mengantarkan piring berisi makanan. Lantas ketika itu ‘Aisyah memukul piring tersebut. Piring tersebut akhirnya pecah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas mengumpulkan bagian yang pecah tersebut. kemudian mengumpulkan makanan yang telah terjatuh dari piring tersebut. Nabi pun berkata, “Ibumu sedang cemburu.”
Kemudian Nabi menahan utusan tersebut sampai menyerahkan piring baru yang ada di rumah istri beliau, sebagai pengganti piring yang telah pecah tadi, dan membereskan pecahan piring yang tadi. (HR. Al-Bukhari)

Bahkan mungkin kita pernah mendengar bahwa Aisyah (Radiallahu Anha) sangat cemburu kepada Khadijah (Radiallahu Anha).

“Aku tidak pernah cemburu terhadap wanita seperti kecemburuanku terhadap Khadijah, karena Nabi Shalallahu alaihi wassalam seringkali menyebut namanya. Suatu hari beliau juga menyebut namanya, lalu aku berkata, “Apa yang engkau lakukan terhadap wanita tua yang merah kedua sudut mulutnya? Padahal Allah telah memberikan ganti yang lebih baik darinya kepadamu”. Beliau bersabda, “Demi Allah, Allah tidak memberikan ganti yang lebih baik darinya kepadaku” (Diriwayatkan Bukhari).

Ini menurut pendapat gw, ambil baiknya jangan ambil buruknya. Jadi, kalo menurut gw yaa cemburu itu emang udah sifat dasar seorang wanita. Cemburu itu tanda cinta, jadi gamungkin orang yang mencintai pasangannya, ga ada rasa cemburu. Asal jangan berlebihan. Karena saat amarah kita berlebihan, di situlah setan dalam diri kita bermain. 

Dan kalo menurut gw ya, cemburu sama iri hati itu berbeda. cemburu didasarkan karena cinta, sedangkan iri hati itu bisa jadi kurangnya rasa bersyukur kita sama Allah.

Biasanya cewe kalo cemburu gara-gara apa sih? kalo ga seputar masalah suami-nya deket sama teman wanitanya lah, atau suaminya lebih fokus sama kerjaan atau mainannya lah. begitu kan? wajar dong, mungkin istrinya mau di manja juga *ihiy

Lah, kalo iri hati ini ga baik, misalnya iri lihat temannya di belikan perhiasan oleh suaminya, terus kita menuntut suami kita membelikan perhiasan juga padahal duit buat makan aja susah, huft. ini yang dinamakan iri hati. Dan iri hati ini yang ga boleh. iri melihat orang lain bahagia.

“Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bagian daripada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan, Mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sungguh Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” [al-Nisa’ 4:32]

Lagian sifat cemburu ini baiknya dimiliki oleh para lelaki loh kalo ga mau di bilang laki-laki dayyus yah.

“Tiga (jenis orang) yang Allah haramkan syurga ke atasnya: orang yang ketagih arak, orang yang menderhaka kepada ibubapanya dan orang yang dayus – iaitu orang yang membiarkan maksiat dilakukan oleh ahli keluarganya.” [Musnad Ahmad, no: 6113 dan dinilai sahih oleh Syu’aib al-Arna’uth]

Terus apa dong solusinya kalo wanita kita sedang cemburu?
Hmm.. Inget, wanita itu saat bercerita, mengeluh atau cemburu tidak membutuhkan sebuah solusi. cuman 1, dimengerti. Coba untuk mengerti keadaan dia. 
Saat dia lagi cemburu, coba untuk paham, kalo dia sedang cemburu, dan tenang, jangan kebawa emosi, tenangkan wanita kalian, jelaskan secara baik-baik. dan obat yang terakhir itu, Manjain!

Udah kelar~ itu sih gw, ga tau deh kalo ada yang lebih ribet lagi dari gw hihihi.



No comments:

Powered by Blogger.