4 Alasan Wanita Dinikahkan oleh Laki-Laki

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Semoga postingan ini menjadi ilmu yang bermanfaat.

Tapi sebenernya, hadist ini juga sudah banyak dikenal sih. harusnya kaum laki-laki udah pada tahu yah tentang wasiat Rasulullah SAW untuk menikahi wanita karena 4 perkara ini :

عنْ أبِيْ هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – عَنِ النَّبِيِّ – صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلّمْ – قَالَ: تُنْكَحُ المَرْأةُ لِأَرْبَعٍ: لمِالِهَا، وَلِحَسَبِهَا،
وَلِجَمَالِهَا، وَلِدِيْنِهَا فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّيْنِ تَرِبَتْ يَدَاكْ
Dari Abu Hurairah RA – dari Nabi Muhammad SAW, beliau berkata: “Seorang perempuan dinikahi karena empat perkara, karena hartanya, karena kedudukannya, karena kecantikannya, (atau) karena agamanya. Pilihlah yang beragama, maka kau akan beruntung, (jika tidak, semoga kau) menjadi miskin”.

Biasanya laki-laki akan mencari wanita yang ingin dinikahi-nya karena 4 perkara di atas. 

Hartanya 
Ga sedikit kok jaman sekarang cowok yang melihat wanita dari harta-nya (tapi ada juga sih yang minder). Ini menjadi alasan utama "suami-suami takut istri". Karena harta-nya, wanita itu biasanya jadi bersikap angkuh sombong dan tidak mau menuruti nasihat baik suaminya (nasihat baik loh, kalo di ajak suami dalam keburukan ya jangan dituruti juga), Tapi bukan berarti buruk juga menikahi wanita karena hartanya, ga semua wanita yang kaya itu buruk. Bukti-nya Khadijah, Wanita kaya raya yang menjadi istri pertama Rasulullah SAW. Makanya liat juga akhlaq-nya, keshalihannya.

Kedudukannya
Ini biasanya menjadi alasan orang tua untuk menikahi anaknya, pasti dlihat dulu asal usul dari wanita yang ingin dinikahi anaknya. Karena pada umum-nya sifat wanita itu terlihat dari keluarga-nya, bagaimana orangtua nya mendidiknya dan menjaganya. Tapi banyak juga yang menikah karena latar belakang keluarganya tanpa tahu bagaimana wanita tersebut. ini ga baik juga. karena yang kita nikahi itu wanitanya bukan keluarganya.

Kecantikannya
Yaaah... walopun kecantikan itu ga akan abadi tapi tetap aja laki-laki, pasti yang dia inginkan wanita yang cantik. Tapi ini biasanya ga menjadi hal yang primer sih, zaman sekarang teknologi serba canggih, wanita cantik pun udah banyak. jadi laki-laki biasanya ga menjadikan ini alasan utama. karena sejati-nya setiap wanita itu ditakdikan menjadi cantik (yaiyalah masa ganteng!)

Agamanya
Nah, sekarang laki-laki udah pada pinter, mereka sudah pada tahu, seburuk-buruknya laki-laki dia pasti akan menginginkan wanita yang baik-baik. agamanya baik. akhlaq-nya terpuji. karena jika tidak merugi-lah mereka. Agama yang dimaksud di sini itu bentuk ketaatan loh, bukan cuman sekedar sifat baik, kalem, penurut. lantas dia tidak solat tidak berjilbab dan tidak menuruti perintah Allah lainnya. itu belom termasuk.
Ingat! Berjilbab itu adalah setengah ketaatan, setengahnya lagi adalah tingkah laku. Seorang wanita yang tidak berjilbab, tidak dinilai beragama dalam pandangan hukum agama. Karena berjilbab itu perintah Allah, jadi wajib kita laksanakan.

Dulu gw sering banget denger alasan temen-temen cowo gw kenapa dia lebih milih cewe berjilbab kalo minta dijodohin.
x : Gw sih prefer milih cewe berjilbab.
gw :kenapa emang? *kepo*
x : Yaah, sama tuhannya aja dia nurut, insya Allah jadi istri juga dia pasti nurut.

Hahaha ga sesimple itu juga sih, yaaah tapi setidaknya wanita berjilbab itu sudah ada niat untuk berhijrah lebih baik, entah dia memiliki sifat baik atau tidak. itu bisa diubah, tapi jika masalah hati atau niat untuk berjilbab, sebaiknya segera didahulukan jangan ditunda. karena Setan tidak akan pernah berhenti menggoda iman setiap manusia.

Nah, kenapa atu teh Agama ada di posisi terakhir?
Gini Logika-nya:
Harta = 0
Kedudukan = 0
Kecantikan = 0
Agama = 1

Jika kalian memilih wanita karena harta kedudukan dan kecantikan? dia hanya bernilai 000 alias tidak berarti apa-apa.
Tapi jika kalian tambahkan dengan alasan memilih wanita tersebut karena agamanya, maka akan bernilai 1000. Jadi yang utama adalah memilih wanita karena Agamanya, selebihnya terserah kalian mau tambahkan nilai plus apa pada calon istri kalian. entah itu harta, kedudukan, kecantikan atau cerdasnya. yang penting lihatlah dulu agamanya.
Ingat, wanita adalah Madrasah (Sekolah) pertama anaknya, dialah yang akan mendidik anak-anakmu kelak. jika pondasinya saja sudah kokoh, insya Allah tidak akan celaka kedepannya, Dan anak-anakmu kelak menjadi anak yang Shaleh

Rasulullah SAW bersabda “Barang siapa yang Allah beri rizki wanita shalihah, maka sungguh Allah telah menolongnya untuk menyempurnakan setengah agamanya, maka takutlah kepada Allah (dalam memenuhi) setengahnya lagi."
Powered by Blogger.