Meminta Maaf Terlebih Dahulu

Why is it so hard for people to say "I'm sorry"?

Ego? Harga diri?

Kebanyakan pasti jawabannya karena 'gengsi', padahal kita gatau kan umur kita sampe mana, sis!

Yang mau gw bahas disini sih sebenernya, permintaan maaf saat kita sedang bertengkar dengan pasangan kita.

Pernah kepikiran soal ini pas dulu setiap kali lagi ada masalah atau berantem gitu, sebeneranya salah ga sih sama cara gw yang dikit-dikit minta maaf. Ga tau kenapa tapi gw pribadi ga bs nyimpen masalah lama-lama, pas marah mah meledak-ledak apalagi ditambah bulannya dateng. beuh! tapi pas udah sadar langsung nyesel gitu, entah siapa yang benar dan siapa yang salah tapi gw ga enak hati jadi bawaannya mau minta maaf duluan. Dan gw ga bisa tidur kalau masalahnya belom clear! emang lebai sih~ hahahahah

Yaaah awalnya gw pikir selama ini yang suka gw lakuin, yaitu meminta maaf duluan sekalipun kita ga salah itu salah besar tapi pas baca hadits ini :
Suatu hari, Rasulullah bertanya kepada sahabat-sahabatnya, “Maukah kalian kuberitahu istri-istri yang menjadi penghuni surga?" Para sahabat menjawab dengan semangat, "Tentu saja, wahai Rasulullah!" Beliau kemudian menjelaskan, "Wanita yang penyayang dan subur, Apabila marah, diperlakukan buruk, atau suaminya marah kepadanya, ia berkata, "Ini tanganku di atas tanganmu, mataku tidak akan bisa terpejam hingga engkau ridha," (HR Thabrani)
Mataku tidak akan bisa terpejam hingga engkau ridha, ridha untuk memaafkan.

Hadits di atas mengingatkan gw, kalau seorang istri itu harus selalu mengharapkan ridha suami-nya.

Buat yang udah berstatus istri, coba lakukan ini saat suami sedang marah, InsyaAllah membawa berkah dalam rumah tangga kalian. Jangan malu untuk meminta maaf duluan, apalagi masih peduli dengan harga diri kalian didepan suami. Justru harusnya kalian merasa malu karena suami kalian yang sekarang memikul tanggung jawab atas agama dan akhlak kalian.

Tapiiiii... sebagai suami juga jangan jadi merasa sombong yaaa... terus makin menjadi-jadi, istri masaknya kurang garem langsung marah, istri nyuci baju masih ninggalin noda langsung banting ember, salah dikit langsung mencak-mencak. huff... jangan gitu juga yaaa... kasian entar istri kalian stress. Jadiii, para suami juga harus mudah memaafkan. 

"Jadilah engkau pema’af dan suruhlah orang mengerjakan yang ma’ruf, serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh." (QS. Al-A’raf 7:199) 

"Apologizing does not change the past, but it does enlarge the future"

No comments:

Powered by Blogger.